Sunday, September 28, 2008

Ebook gratis

Hampir semua ebook di sini, saya dapat dari situs-situs ebook gratis: ebookee.com, ebooksbay.org, revelation-online.blogspot.com, dbebooks.in, dan beberapa sumber lain dari Google. Awalnya untuk dibaca sendiri atau untuk bahan menulis

Ketika membuat blog ini, sempat ada dilema dalam diri saya. Apakah saya akan memajang download link-nya di sini atau tidak. Saya takut itu melanggar hak cipta. Sebagai penulis, saya terbiasa memikirkan soal yang satu ini. Saya ingin kita menghormati hak cipta. Namun sekaligus, saya ingin buku menjadi milik semua. Ilmu pengetahuan menjadi milik semua kalangan, baik yang berada maupun yang tidak.

Sebenarnya dalam proses menulis pun saya mengambil data dari sana-sini atau dari ingatan yang pastinya berasal dari luar saya, namun tidak bisa saya sebutkan satu per satu, karena akan terlalu banyak kalau disebut. Pun dalam percakapan verbal personal, apakah saya harus mengingat dan menyebut sumber dari kata demi kata yang saya keluarkan? Saya tidak tahu. Buat saya, sejauh bukan ranah publikasi, saya hanya menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan, bukan dari mana penyampaian itu berasal.

Quantum thought! What originality is!

Jadi, apakah saya seorang plagiat atau pelanggar hak cipta atau bukan, saya tidak tahu. Mungkin saja. Mungkin, saya masih pada tataran berusaha menghormati hak cipta dan ingin mengajak teman-teman ke arah penghormatan tersebut.Terutama yang menyangkut publisitas di media yang menjadi ranah publik, seperti blog ini.

Di sisi lain, saya pun menghormati mereka yang memiliki niatan berbagi ilmu bukan untuk kepentingan komersil. Meski komersil tidak salah juga pada konteks tertentu.

Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan, saya mencoba mengambil jalan tengah. Saya pajang judul-judul ebook yang saya punya namun tidak download link-nya (kecuali beberapa sebagai contoh). Bagi yang memerlukannya, silakan kirim email atau tinggalkan pesan di shoutbox di samping kanan. Jangan lupa kasih tahu keperluannya untuk apa (singkat aja) dan tinggalkan alamat emailnya juga, ya.

Kalau sudah, saya akan kirimkan direct download link (bukan rapidshare, dsb). Jadi teman-teman bisa direct download tanpa harus pakai kode atau menunggu hitungan mundur:D. Sebelum membaca isi bukunya, jangan lupa baca dulu siapa pengarang dan penerbitnya:)

No comments: